Yustina Sri Ekwandari, YSW and Aprilia, Triaristina (2021) Pemanfaatan Situs Purbakala Pugung Raharjo Sebagai Sumber Belajar Sejarah Untuk Mahasiswa. Fajar Historia, 5 (2). pp. 103-116. ISSN 2549-5585

[img]
Preview
Text
jurnal fajar historia.pdf

Download (324kB) | Preview
Official URL: https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/fhs/i...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji situs Purbakala Pugung Raharjo sebagai sumber belajar sejarah. Lokasi situs Purbakala Pugung Raharjo terletak pada desa Batanghari, Sekampung Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, untuk analisis data menggunakan analisis model interaktif. Situs Purbakala Pugung Raharjo merupakan situs yang dilindungai oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya. Sebagai sumber pembelajaran sejarah situs Purbakala Pugung Raharjo memiliki nilai-nilai sejarah sejak zaman praaksara/nirleka dengan benda-benda peninggalannya. Situs Purbakala Pugung Raharjo dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah melalui kedatangan dan penyebaran masyarakat awal di Sumatera khususnya Lampung, karena ini merupakan cikal bakal terbentuknya sebuah provinsi Lampung atau sering disebut bumi Lampung. Proses pemanfaatan situs Pugung Raharjo sebagai sumber belajar Sejarah Lokal dapat dilakukan dengan cara mahasiswa dapat langsung mengunjungi obyeknya yang dilakukan dengan melakukan karya wisata/fieldtrip

Item Type: Article
Additional Information: artikel
Uncontrolled Keywords: situs; sumber belajar; Pugung Raharjo
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: Aprilia Triaristina
Date Deposited: 25 Jan 2022 09:58
Last Modified: 25 Jan 2022 09:58
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/38306

Actions (login required)

View Item View Item