Aprilia, Triaristina and Valensy Rachmedita, Valensy Rachmedita
(2021)
Situs–Situs Sejarah di Lampung Sebagai Sumber Belajar Sejarah.
Journal of Research in Social Science And Humanities, 1 (2).
pp. 69-77.
ISSN 2807-3916
Abstract
Memanfaatkan situs sejarah sebagai sumber belajar merupakan hal penting, sebab situs sejarah merupakan salah satu sumber sejarah yang dapat memberikan gambaran suatu peristiwa dengan lebih konkrit kepada mahasiswa. Lampung memiliki beberapa situs sejarah yang dapat digunakan sebagai sumber belajar dan situs-situs sejarah di Lampung memiliki kesesuaian antara materi yang terkandung dalam situs dengan materi perkuliahan yang ada pada kurikulum Program Studi Pendidiakn Sejarah FKIP Universitas Lampung. Salah satu prinsip dari pelaksanaan kurikulum juga ada yang mendukung dalam pelaksanaan pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar. Hal tersebut menjadi alasan mengapa keberadaan situs sejarah di Lampung perlu untuk diteliti sejauh mana tingkat efektifitasnya sebagai sumber belajar. Penelitian ini mengambil tiga rumusan masalah yang tujuan akhirnya adalah untuk menilai sejauh mana efektifitas pemanfaatan situs sejarah di Lampung sebagai sumber belajar dalam mata kuliah Sejarah Indonessia pada masa Prasejarah pada mahasiswa program studi pendidikan Sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian Program Studi Pendidikan Sejarah. Informan adalah dosen pendidikan Sejarah dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.
Keywords: Situs Sejarah, Sumber belajar
Available Versions of this Item
-
Situs–Situs Sejarah di Lampung Sebagai Sumber Belajar Sejarah. (deposited 25 Jan 2022 09:57)
[Currently Displayed]
Actions (login required)
|
View Item |