Siska Mega Diana, Siska and Wini Tarmini, Wini Tarmini and Nurlaksana eko, Nurlaksana eko (2013) TINDAK ILOKUSI FILM SERDADU KUMBANG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA. J-Simbol, 1 (2). pp. 1-11. ISSN 2355-4061

[img]
Preview
Text (Artikel)
Artikel.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Reviewer)
Peer Reviewer.pdf

Download (134kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/art...

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tindak ilokusi asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif dilihat dari kelangsungan dan ketidaklangsungan pada dialog film Serdadu Kumbang dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data berupa tindak ilokusi pada dialog film.Teknik pengumpulan data, yakni menyimak, mencatat/ mentranskrip, klasifikasi data, memasukkan data dalam tabel pengumpulan data. Analisis data, yakni penyajian data, identifikasi data, analisis heuristik, penarikan simpulan, dan pengimplikasian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak ilokusi asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif disampaikan secara langsung dan tidak langsung. Tindak ilokusi yang mendominasi adalah asertif menyatakan atau memberitahukan. Bentuk tuturan secara verbal yang mendominasi adalah tuturan langsung. Penelitian ini dapat diimplikasikan dalam menulis naskah drama

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd. Siska Mega Diana
Date Deposited: 21 Jan 2022 01:36
Last Modified: 21 Jan 2022 01:36
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/38155

Actions (login required)

View Item View Item