Dani, Ilham and Sule, Mohammad Rachmat (2021) Pemodelan Seismik pada Struktur Geologi Kompleks menggunakan Metode Common Reflection Surface (CRS). Jurnal Geofisika Eksplorasi, 7 (3). pp. 164-177. ISSN 2356-1599 (Print); 2685-6182 (Online)
|
Text
2021 JGE - Ilham Dani.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pemodelan seismik merupakan tahap penting untuk memahami respon bawah permukaan bumi terhadap gelombang seismik yang digambarkan dalam bentuk energi seismik refleksi. Walaupun saat ini teknologi pengolahan data seismik telah meningkat dengan pesat, ketidakakuratan posisi reflektor dalam penampang seismik yang dihasilkan tetap saja sering ditemukan, terutama pada daerah dengan struktur geologi kompleks. Model geologi struktur kompleks pada penelitian ini mengacu pada arsitektur glasiotektonik di daerah Fur Knudeklint, Denmark yang memiliki banyak patahan dan lipatan dengan skala kecil. Hasil simulasi perambatan gelombang dengan metode penjalaran sinar dilakukan dari dua arah akuisisi berbeda menggunakan perangkat lunak Norsar 2D untuk mendapatkan seismogram sintetik. Data yang dihasilkan kemudian digunakan sebagai masukan untuk pengolahan data seismik secara konvensional maupun menggunakan metode Common Reflector Surface (CRS) Stack. Hasilnya menunjukkan bahwa akuisisi data dari arah foot wall memberikan citra reflektor yang lebih representatif dibandingkan dari arah sebaliknya. Penegasan kualitas reflektor terlihat jelas di tiga area utama, yaitu CDP 20-100, CDP 120-180 dan CDP 160-330. Dengan demikian, metode CRS Stack berhasil merekonstruksi reflektor-reflektor berupa lipatan kecil dan perlapisan tipis pada struktur geologi kompleks dengan kualitas lebih baik dibandingkan metode konvensional.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QE Geology |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Geofisika |
Depositing User: | M.T Ilham Dani |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 07:21 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 07:21 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/37979 |
Actions (login required)
View Item |