Resi Dwi Jayanti, Resi and Sowiyah, Sowiyah and Siswanto, Siswanto (2020) Hubungan Metode Scaffolding dengan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus SD Negeri Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 8 (2). pp. 41-52. ISSN e-ISSN: 2716-4616 | p-ISSN 2302-1772

[img]
Preview
Text (Artikel)
Hubungan Metode Scaffolding dengan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus.pdf

Download (588kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/arti...

Abstract

Hubungan Metode Scaffolding dengan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara metode scaffolding dengan kemandirian ABK di SD Negeri penyelenggara pendidikan inklusif se-Kota Metro. Jenis penelitian ini yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 50 GPK. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel, sehingga peneliti melakukan uji instrumen di luar populasi Alat pengumpul data yaitu observasi, kuesioner/ angket dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara metode scaffolding dengan kemandirian ABK di SD Negeri penyelenggara pendidikan inklusif se-Kota Metro dengan ditunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,263 berada pada taraf rendah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: SOWIYAH
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:19
Last Modified: 14 Jan 2022 03:19
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/37867

Actions (login required)

View Item View Item