Resi Dwi Jayanti, Resi and Sowiyah, Sowiyah and Siswanto, Siswanto (2020) Hubungan Metode Scaffolding dengan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus SD Negeri Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 8 (2). pp. 41-52. ISSN e-ISSN: 2716-4616 | p-ISSN 2302-1772
|
Text (Artikel)
Hubungan Metode Scaffolding dengan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus.pdf Download (588kB) | Preview |
Abstract
Hubungan Metode Scaffolding dengan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara metode scaffolding dengan kemandirian ABK di SD Negeri penyelenggara pendidikan inklusif se-Kota Metro. Jenis penelitian ini yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 50 GPK. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel, sehingga peneliti melakukan uji instrumen di luar populasi Alat pengumpul data yaitu observasi, kuesioner/ angket dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara metode scaffolding dengan kemandirian ABK di SD Negeri penyelenggara pendidikan inklusif se-Kota Metro dengan ditunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,263 berada pada taraf rendah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | SOWIYAH |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 03:19 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 03:19 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/37867 |
Actions (login required)
View Item |