Een, Yayah H and Fuad, Muhammad and Riswandi, Riswandi and Maman Surahman, MS (2018) MEMBANGUN KURIKULUM PGSD YANG BERELEVANSI DENGAN KURIKULUM SD MELALUI MODEL UNIVERSITY-SCHOOL BASED CURRICULUM (UsBec). In: Seminar Nasional dan Kongres Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia (HIPKIN), Bandar Lampung, Indonesia.

[img] Text
14. Membangun Kurikulum PGSD - Proceeding-HIPKIN-2018pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mengembangan kurikulum model UsBec merupakan salah satu upaya yang memudahkan lulusan PGSD beradaptasi dengan tuntutan pengembang kurikulum SD. Mata kuliah yang dirancang dengan model UsBec meliputi (1) Pembelajaran IPA SD, (2) Pembelajaran IPS SD, (3) Pembelajaran Matematika SD, (4) Pembelajaran Bahasa Indonesia SD, dan PPKn. Mata- mata kuliah tersebut dirancang secara interdisipliner tetapi tidak menghilangkan ciri keilmuannya (body knowledge ). Model UsBec memiliki memudahkan mahasiswa untuk menguasai (1) konsep secara mendalam, (2) pemahaman konsep secara luas, (3) melihat keterhubungan antar disiplin ilmu, dan (4) membangun konten pedagogic yang menyatu dengan struktur konten akademik. Dampak pengiring model UsBec (1) Membangun sikap kolaboratif pada mahasiswa, (2) Membangun sinergitas antara LPTK dengan SD, (3)Membiasakan sikap toleran, bekerjasama, dan disiplin pada mahasiswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: MUHAMMAD F MUHAMMAD FUAD
Date Deposited: 17 Nov 2021 06:50
Last Modified: 17 Nov 2021 06:50
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36933

Actions (login required)

View Item View Item