Riswanti, Rini and Nurain, Suryadinata and Ujang, Efendi (2021) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL TERHADAP TINGKAT CURIOSITY DAN DETERMINASI MAHASISWA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unila. (Unpublished)

[img] Text
SURAT TUGAS DAN LAPORAN PENELITIAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi diibaratkan seperti dua sisi mata uang yang memberikan efek positif dan negatif kepada masyarakat, sehingga diperlukan keterampilan literasi digital untuk dapat menurunkan dampak negatifnya. Pada hakikatnya literasi digital merupakan sebuah upaya pembelajaran berbasis media digital, di mana adanya penggabungan dua ilmu, yaitu ilmu pendidikan dan teknologi. Literasi mendorong individu untuk memiliki rasa ingin tahu (Curiosity) yang tinggi dan determinasi terhadap tantangan studi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan literasi digital terhadap tingkat curiosity dan determinasi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang pengolahan datanya dilakukan dengan metode statistik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto, peneliti mencoba untuk mengambil efek dari variabel dependen dan memeriksanya secara retrospektif untuk membangun penyebab, hubungan, asosiasi, atau artinya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Indonesia dalam usia 17 – 22 tahun, sampel penelitian sebanyak 723 dengan pengambilan secara Random. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah digital literacy measurement, skala pengukuran Curiosity dan skala pengukuran determinasi diri. Analisis data menggunakan uji statistik yaitu uji Mann Whitney dan Regresi Linier Sederhana. Hasil utama dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan literasi digital dan determinasi diri ditinjau dari jenis kelamin, tetapi dalam aspek Curiosity tidak ada perbedaan. Selanjutnya terdapat pengaruh positif literasi digital terhadap curiosity dan determinasi diri. Model prediksi literasi digital terhadap Curiosity adalah

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Nurain suryadinata
Date Deposited: 17 Nov 2021 01:19
Last Modified: 17 Nov 2021 01:19
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36921

Actions (login required)

View Item View Item