Iswan, Iswan and Ahmad Zakaria, Ahmad Zakaria (2021) Penggunaan Pasir Seragam pada Perbaikan Subgrade Ditinjau Terhadap Tebal Perkerasan Jalan (SWELLING Potential dan Non Swelling Potential). JRSDD, Edisi Juni 2021, Vol. 9 (2). pp. 220-230. ISSN (p-ISSN:2303-0011) (e-ISSN:2715-0690)

[img] Text
1761-4494-1-PB.pdf

Download (360kB)

Abstract

Subgrade merupakan bagian terpenting untuk dijadikan tumpuan dan pendukung seluruh beban konstruksi yang berada di atasnya. Apabila subgrade berupa tanah lempung yang memiliki daya dukung rendah dan sangat sensitif terhadap kadar air, maka bangunan yang berada disekitarnya akan sering mengalami kerusakan, seperti tanah yang berada di Desa Marga Kaya. Pada penelitian ini menggunakan metode pencampuran tanah asli dengan bahan stabilisasi berupa pasir seragam yang berasal dari Gunung Sugih dengan variasi campuran 5%, 10% dan 15% dari berat kering tanah. Hasil pengujian menunjukkan CBR Unsoaked dan Soaked maksimum terjadi pada campuran pasir 15% dengan nilai CBR Unsoaked 13,2% dan CBR Soaked dengan nilai 2,9%. Ketebalan perkerasan jalan pada CBR Unsoaked dan Soaked efisien pada campuran pasir 15% dengan ketebalan D1 = 2,75 cm, D2 = 20 dan D3 = 10 cm, dan CBR Soaked dengan ketebalan D1 = 8,75 cm, D2 = 20 cm dan D3 = 10 cm. Nilai swelling mengalami penurunan dari 11,4% menjadi 7,4% pada penambahan pasir seragam 15%. Nilai DDT dipengaruhi oleh nilai CBR semakin besar nilai CBR maka DDT akan semakin meningkat.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Sipil
Depositing User: ISWAN
Date Deposited: 14 Nov 2021 12:18
Last Modified: 14 Nov 2021 12:18
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36795

Actions (login required)

View Item View Item