Yana, Liya Ida and ASTUTI, NELLY and wulandari utamining tias, ika (2021) Hubungan Bimbingan Orang Tua Selama Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar Peserta Didik. DIDAKTIKA TAUHIDIJURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 8 (2). pp. 135-146. ISSN 2550-0252

[img]
Preview
Text
5.4465+(135-146).pdf

Download (286kB) | Preview
Official URL: https://ojs.unida.ac.id/jtdik/article/view/4465/26...

Abstract

Rendahnya bimbingan orang tua pada anak selama belajardaring menjadi permasalahan yang melatari penelitian ini.Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua selama belajar daringdengan hasil belajarpeserta didikkelas IV SDN se-Gugus R.A Kartini Kota Metro.Metodeex post factokorelasidigunakan untuk mengungkapkan hubunganbimbingan orang tua selama pembelajaran daring dengan hasil belajar. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN se-Gugus R.A Kartini Kota Metro yangberjumlah 210 orang dengan jumlah sampel sebanyak70 orang peserta didik. Teknik pengumpuldalam penelitian ini adalahobservasi, wawancara, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Adapun instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likertyang telahdiuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkannilai koefisien korelasi sebesar 0,681 dan berada pada taraf “Kuat”yang menunjukan keterhubungan antar variabel X dan Y pada penelitian ini.Adapun kontribusi bimbingan orang tua pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa yakni sebesar 46,38%. Berdasarkan hal tersebut terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara praktik bimbingan belajar orang tua selama pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd NELLY ASTUTI
Date Deposited: 14 Nov 2021 02:07
Last Modified: 14 Nov 2021 02:07
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36702

Actions (login required)

View Item View Item