Rizki Lazuardi Prasetio, Rizki Lazuardi Prasetio and Ahmad Zakaria, Ahmad Zakaria and Ashruri, Ashruri and sumiharni, sumiharni Analisis Data Curah Hujan yang Hilang dengan Menggunakan Metode Normal Ratio, Inversed Square Distance, Rata – Rata Aljabar dan Metode Modifikasi (Studi Kasus Curah Hujan Beberapa Stasiun Hujan Wilayah Lampung Tengah). Analisis Data Curah Hujan yang Hilang dengan Menggunakan Metode Normal Ratio, Inversed Square Distance, Rata – Rata Aljabar dan Metode Modifikasi (Studi Kasus Curah Hujan Beberapa Stasiun Hujan Wilayah Lampung Tengah), 9 (3). pp. 1-12. ISSN p-ISSN:2303-0011

[img] Text
128 - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30kB)
Official URL: https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jrsdd/is...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghitung korelasi data curah hujan terukur dengan data curah hujan hasil perhitungan dengan masing-masing metode menggunakan lima stasiun. Dari hasil penilitian menggunakan metode Rata-Rata Aljabar, metode Normal Ratio, metode Inversed Square Distance dan metode Modifikasi dengan data hujan harian satu tahun, data hujan kumulatif bulanan, maupun data hujan rata-rata bulanan, dapat diambil kesimpulan semakin banyak jumlah stasiun maka semakin baik nilai korelasinya. Nilai korelasi dengan data hujan kumulatif bulanan serta data hujan rata-rata bulanan menggunakan beberapa jumlah stasiun yang berbeda setiap masing - masing metode tidak ada perbedaan yang signifikan dengan nilai rata-rata korelasi persentase perbedaannya 0,049% sampai dengan 0,059%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Curah hujan, metode Normal Ratio, metode Inversed Square Distance, metode Rata- Rata Aljabar, dan metode Modifikasi.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Sipil
Depositing User: SUMIHARNI
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:24
Last Modified: 15 Nov 2021 01:24
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36663

Actions (login required)

View Item View Item