Abdurrahman, Abdurrahman and Maulina, Hervin and Sukamto, Ismu PENGEMBANGAN KURIKULUM STEM PENDIDIKAN DASAR UNTUK MEMBEKALI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK DALAM MENGHADAPI PANDEMIK DAN KRISIS PERUBAHAN IKLIM GLOBAL MENUJU MASYARAKAT TANGGUH DI ERA NEW NORMAL. Simlibtabmas Ristekbrin.

[img]
Preview
Text
LAPORAN KEMAJUAN-PT-TAHUN1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UsulanLengkapPenelitian Dr Drs ABDURRAHMAN M.Si-Penelitian Terapan.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Saat ini, sistem pendidikan sains di seluruh dunia sangat membutuhkan penataan kurikulum, baik berupa pengembangan inovasi proses pembelajaran maupun asesmen yang akan memberdayakan siswa melakukan aktivitas yang mengadopsi kebiasaan berpikir ilmiah dalam berkontribusi menyelesaikan permasalahan global. Akhir-akhir ini secara global masyarakat dunia dihadapkan pada dua keadaan darurat kesehatan dan lingkungan yang bersumber dari pandemik dan krisis perubahan iklim. Pendidikan STEM yang menerapkan pendekatan interdisipliner-terintegrasi telah berkembang dan menjadi pusat reformasi kurikulum sains dunia, sangat berpotensi untuk dielaborasi secara krtits dalam menghadapi masalah global tersebut. Kurikulum nasional atau kurikulum 2013, telah menetapkan Pendidikan STEM sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang akan menopang pencapaian tujuan kurikulum nasional di semua level dan jenjang pendidikan. Namun, sampai saat ini belum ada pengembangan kurikulum STEM yang dielaborasi dalam bentuk program pembelajaran yang selain mengajak peserta didik menjadi ilmuwan masa depan terlibat dalam penalaran berbasis bukti dan pemikiran kritis tetapi juga menanamkan aspek kewarganegaraan yang berorientasi pada tindakan dan bertanggung jawab secara sosial dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilan model kurikulum STEM pendidikan dasar untuk membekali pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam menghadapi pandemik dan krisis perubahan iklim. Sebagai upaya melatih peserta didik memiliki literasi dan keterampilan STEM untuk pendidikan yang berkelanjutan (sustainable) dalam mengadapi permasalahan global berupa pandemik dan krisi perubahan iklim, maka penelitian ini akan difokuskan pada target khusus berupa upaya: (1) mengembangkan program pembelajaran inovatif berbasis STEM education dalam konteks Interdisciplinary Learning Makerspace beserta perangkat pembelajaran IPA terpadu dengan model keterpaduan tematik-integratif baik untuk pembelajaran daring maupun luring; 2) meningkatkan kemampuan dan keterampilan abad 21 peserta didik melalui implementasikan STEM education dalam pembelajaran tematik terpadu IPA untuk menghadapi pandemik dan krisis perubahan iklim. Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan selama periode 3 tahun dengan rincian: (1) Tahun pertama berupa validasi program pembelajaran berbasis STEM beserta perangkatnya melalui Focus Group Discussion (FGD) dan Cross Sectional Study disertai uji coba terbatas; (2) Tahun kedua pelaksanaan pilot project (uji coba program pembelajaran dan perangkatnya), dan (3) Tahun ketiga adalah diseminasi program dan perangkat pembelajaran STEM leaning approach yang sudah teruji validitasnya. Adapun target luaran dalam penelitian ini adalah Hak Cipta model perangkat kurikulum STEM berupa program pembelajaran yang adaptif terhadap konteks pandemik dan krisis perubahan iklim global yang sesuai dengan Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) pada level 7. Selain itu juga akan ditargetkan luaran tambahan publikasi ilmiah pada jurnal internasional dan jurnal nasional terakreditasi atau prosiding internasional terindeks, dan menghasilkan dua buah buku monograf ber-ISBN.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr. Abdurrahman Abdurrahman
Date Deposited: 13 Nov 2021 02:19
Last Modified: 13 Nov 2021 02:19
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36599

Actions (login required)

View Item View Item