Ilham, Refani HR and Yulianto, Yulianto and Sulistiowati, Rahayu (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH TENTANG BANTUAN OPRASIONAL SEKOLAH DAERAH (BOSDA)BAGI SISWA YANG KURANG MAMPU. Administrativa: Jurnal Birokrasi, Kebijakan dan Pelayanan Publik, 3 (2). pp. 137-149. ISSN 2714-7673

[img] Text
4 IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH TENTANG BANTUAN OPRASIONAL SEKOLAH DAERAH (BOSDA).pdf

Download (575kB)

Abstract

BOSDA adalah program pemerintah provinsi lampung berupa pemberian dana langsung ke Satuan Pendidikan Menengah baik negeri maupun swasta pada kota Bandar Lampung dimana besaran dana bantuan yang diterima di sekolah dihitung berdasarkan jumlah siswa tidak mampu masing-masing sekolahdan satuan biaya (Unit Cost) bantuan. Menurut Peraturan Gubernur Lampung Nomor 29 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan OperasionalSekolah Daerah Provinsi Lampung Tahun 2017. Sekolah yang mendapatkan Bantuan Bosda di Provinsi Lampung yaitu Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Way Kanan. Peneliti ingin mencari tahu implementasi kebijakan BOSDA di SMA Negeri 16 Bandar Lampung, dikarenakan pada tahap pra survei terdapat beberapa ketidakesesuain antara tempat tinggal dan penghasilan orang tua siswa penerima BOSDA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kebijakan BOSDA dan mengetahui faktor-faktor yang menghambat BOSDA di SMA Negeri 16 Bandar Lampung.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang bersumber dari observasi, dokumentasi dan berdasarkan hasil wawancara secara mendalam.Hasil penelitian ini dideskripsikan dengan menggunakan toeri Charles O. jones yaitu 1). Organisasi memiliki struktur organisasi yang di tugaskan sesuai dengan Surat Keputusan Dinas Pendidikan Provinsi mulai dari Pengawas Pembina, penanggung jawab, ketua pelaksana, sekretaris, bendahara dan Tim survey, 2) Inteprertasi pihak sekolah melakukan sosialisas ipelaksanaan BOSDA ini dengan pengumuman dan penyebaran informasi ke masyarakat langsung, agar penerapan dan pelaksanaa BOSDA dapat di dengar oleh masyarakat secara langsung, 3) Aplikasi bahwa pelaksanaan BOSDA sesuai dengan petunjukteknis dan memverfikasi calon siswa BOSDA dengan survei rumah, fasilitas yang di miliki, pekerjaan orang tua, kepemilikan kartu KIP, serta informasi dari tetangga sekitar rumah, pengeluaran dana BOSDA juga di keluarkan sesuai RKS yang di ajukan ke Dinas Pendidikan Provinsi. Pelaksanaan BOSDA ini di respon oleh siswa sangat baik tetapi perlu di tambahkan lagi kuotanya sedangkan faktor penghambatnya yaitu pencairan dana di akhiri semester membuat pihak sekolah harus mencari dana pinjaman untuk membiaya siswa BOSDA

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Administrasi Negara
Depositing User: ITA ITA PRIHANTIKA
Date Deposited: 12 Nov 2021 09:04
Last Modified: 12 Nov 2021 09:04
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36504

Actions (login required)

View Item View Item