Diana, Rosita Project Based Learning dalam Belajar Bahasa Prancis. Prosiding Seminar Nasional Pendididkan.

[img] Text
FINAL-PROSIDING SEMNAS 2021 FULL.pdf

Download (574kB)
Official URL: http://semnaspend.fkip.unila.ac.id/2019/08/14/pros...

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini, ialah untuk mengetahui prestasi berbicara Bahasa Prancis, dan mengetahui perbedaan yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dengan model ceramah pada keterampilan berbicara bahasa Prancis bagi siswa SMA Negeri 16 Bandar Lampung T.P. 2020/2021. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model true experimental design. Dalam model ini terdapat dua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dimana pengambilan sampel dilakukan secara random. Hasil tes berbicara bahasa Prancis di kelas eksperimen memiliki skor terendah 66, skor tertinggi 84, sehingga skor rata-rata yang didapat adalah 74,75 dengan standar deviasi 4,494, sedangkan pada kelas kontrol menghasilkan skor terendah 52, dan skor tertinggi 64, sehingga skor rata-rata yang didapat adalah 58,25 dengan standar deviasi 3,856. Skor rata-rata prestasi belajar Bahasa Prancis pada kedua kelas sampel adalah 66,5. Bila dikaitkan dengan tolok ukur penilaian pada Bab III, skor tersebut masuk dalam rentang 66-70 yang bermakna Baik kurang (B-). Sampel yang representatif tersebut membuat populasi yang diwakilinya juga representatif. Jadi, tingkat kemampuan atau prestasi belajar berbicara bahasa Prancis siswa Kelas XI di Kelas Peminatan Bahasa Prancis SMA Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021 masuk dalam kategori baik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M.Pd. Setia Setia
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:43
Last Modified: 12 Nov 2021 07:43
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36470

Actions (login required)

View Item View Item