I gde Sidemen, IGS and Purboyo, Muhammad Guntur (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Terhadap Perkawinan Dini Pada Kalangan Siswa SMA di Kabupaten Lampung Timur. DIPA FISIP Universitas Lampung Tahun 2021.

[img] Text
Laporan Penelitian I Gede Sedemen_Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Terhadap Perkawinan Anak Pada Kalangan Siswa Sma Di Kabupate.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkawinan usia anak di Provinsi Lampung sekalipun secara umum lebih rendah dari tingkat nasional, akan tetapi masih termasuk tinggi dan terindikasi justru mengalami peningkatan beberapa terakhir. Masih berlangsungnya pernikahan usia anak dikalangan masyarakat, mengindikan agar segera dilakukan percepatan pencegahan perkawinan usia anak, terlebih mengingat dampaknya bagi masa depan anak dan kualitas SDM bangsa. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui hubungan antara variabel-variabel psikososial dengan sikap terhadap perkawinan anak di kalangan siswa SMP, (2) menganalisis perbedaan pengetahuan dan sikap antara siswa SMP negeri/umum dengan SMP sekolah berbasis agama (Islam). Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik korelasional dan komparasional. Peneliti membangun tesis integrasi antara pendekatan psychological social psychology (analisis faktor individual), sociological social psychology (analisis faktor hubungan antarkelompok) dan social constructionism (analisis faktor masyarakat) untuk menjelaskan fenomena perkawinan anak di kalangan remaja secara komprehensif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA di Kabupaten Lampung Timur sebagai representasi daerah perdesaan (rural). Masing sampel diambil 1 (satu) sekolah negeri/umum dan 1 (satu) sekolah berbasis agama (Islam). Masing-masing sekolah diambil sampel sebanyak 107 siswa. Total sampel dengan demikian adalah 214 siswa. Variabelvariabel yang diperhitungkan sebagai variabel yang mempengaruhi adalah: pendapatan orangtua, selfefficacy, deprivasi relative, media exposure, modal sosial keluarga, pengetahuan tentang perkawinan anak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa secara dominan terdapat 2 varibel yang mempengaruhi secara signifikan pada sikap menolak seseorang pada pernikahan dini yakni variable pengetahuan dengan angka signifikansi 0,00 dan variabel deprivasi relative dengan angka signifikansi 0,002 meskipun secara umum seluruh variable memiliki konstribusi pada penentuan sikap ini.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Sosiologi
Depositing User: I Gede Sid I Gede Sidemen I Gede Sidemen
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:41
Last Modified: 12 Nov 2021 07:41
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36409

Actions (login required)

View Item View Item