Akhmad Riszal, Riszal and Martinus, Martinus ANALISIS AERODINAMIKA DESAIN MOBIL LISTRIK ECO CAMPUS UNILA. Project Report. Unila. (In Press)
|
Text
LAPORAN HASIL PENELITIAN PEMULA.pdf Download (820kB) | Preview |
Abstract
RINGKASAN Penggunaan energi fossil sangat berpengaruh terhadap keberlanjutan lingkungan. Dampak yang sudah kita rasakan adalah adanya pemanasan global dengan musim yang sudah tidak menentu. Sehingga kita harus mempunyai komitmen untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil guna untuk menjaga lingkungan yang berkelanjutan. Hal ini senada dengan komitmen Universitas Lampung (UNILA) dalam menjadikan kampus Unila sebagai Green Campus. Pada tahun 2019, Unila mendapat peringkat ke 18 Nasional Ranking UI Green Matric. Salah satu untuk menjaga komitmen sebagai kampus hijau, hal terkecil dalam pengurangan emisi dimulai dari penggunaan transportasi menggunakan listrik. Misalkan, penggunaan mini bus listrik, mobil listrik, motor listrik dan sepeda listrik. Pengembangan teknologi kendaraan berbasis istrik tidaklah mudah dan murah, karena harus dilakukan kajian-kajian dan pengembangan teknologi yang akan dipakai guna mengoptimalkan efisiensi kendaraan. Mobil listrik merupakan kendaraan yang bebas emisi dan kendaraan yang memungkinkan untuk dikembangkan guna mengurangi masalah lingkungan. Berkaitan dengan efisiensi kendaraan, banyak sekali faktor yang bisa dikaji secara komprehensif, khususnya pada penelitian ini akan dikaji desain mobil listrik dan analisis aerodinamika kendaraan. Tujuan dari analisis ini untuk mengetahui desain bentuk atau geometri kendaraan, hal ini dikarenakan adanya pengaruh terhadap efisiensi kendaraan dari sudut pandang aerodinamika. Adanya fenomena aliran fluida yang terdistribusi di permukaan-permukaan kendaraan sehingga dengan adanya kajian aerodinamika kita dapat mengetahui fenomena drag force, velocity, koefisien tekanan dengan variasi kecepatan 10, 20, 30, 40, 50, 60 km/h pada saat dilakukan simulasi. Kemudian tujuan jangka panjang dapat mengembangkan kendaraaan listrik dampai ke tahap pembuatan prototipe atau produksi mobil listrik yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). hal ini dikarenakan akan dilakukan pembuatan desaian kendaraan yang optimal dengan kajian- kajian aerodinamika secara komprehensif. Penelitian ini menggunakan Software Ansys Workbench.19 dengan CFD Solver. kemudia metode yang digunakan dalam simulasi atau running geometri (desain kendaraan) menggunakan metode turbulen k-epsilon realizable standard wall function. Sebelum dilakukan running bentuk kendaraan, maka terlebih dulu kita setting kondisi batas kemudian lalukan meshing. Penggunaan jenis meshing disesuaikan dengan bentuk atau bagian dari geometri yang akan disimulasi. Setelah meshing selesai, maka dilakukan running menggunakan CFD solver untuk mendapatkan report dari simulasi yang dilakukan. Target penelitian ini adalah diperolehnya desain mobil listrik dengan kajian aerodinamika dan report simulation atau data distribusi aliran pada kendaraan dengan variasi kecepatan kendaraan. Hasil penelitian yang diharapkan adalah dapat memberi kontribusi pengetahuan dan hasil desain kendaraan listrik yang optimal, dengan harapan pada penelitian lanjutan dapat membuat prototype atau produk kendaraan listrik sehingga dapat dimanfaatkan oleh kepentingan internal Kampus UNILA. Kata kunci: aerodinamika, efisiensi, cfd, meshing
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Depositing User: | M.eng Akhmad Riszal |
Date Deposited: | 12 Nov 2021 02:11 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 02:11 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36354 |
Actions (login required)
View Item |