Windah, Andi and Purwanto, Putra and Vina, Karmilsari and Ifaty, Fadliliana Mempersiapkan Generasi Indonesia Abad Ke-21: Pemetaan Perilaku Adaptif Keluarga Dalam Implementasi 21st Century Literacy Skills Selama Kebijakan Belajar Dari Rumah. Project Report. FISIP UNILA. (Submitted)

[img]
Preview
Text
KETUA-WINDAH (2).pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Kebijakan belajar dari rumah yang diterapkan oleh pemerintah semakin mengamini betapa pentingnya 21st century skill, terutama tentang literacy skill. Literacy skill ini menjadi penting karena semakin banyaknya informasi yang diakses melalui berbagai media. Urgensi untuk meningkat perilaku adaptif ini tidak hanya muncul karena tuntutan kondisi secara fisik, namun juga ada tuntutan lain berupa keterampilan abad 21 atau 21st century skill. 21st century skill ini merupakan tantangan generasi milenial. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei cross-sectional, dengan pengumpulan data kuantitatif. Lokasi penelitian di SDN 3 Rajabasa Kota Bandar Lampung. Teknik pemilihan sampel menggunakan puporsive sampling. Jumlah sampel 50 orang tua murid di kelas rendah dengan cara pengambilan data melalui kuesioner. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pemetaan perilaku adaptif keluarga dalam implementasi 21st century literacy skill selama kebijakan belajar dari rumah, sehingga dapat diketahui berbagai permasalahan yang dihadapi keluarga dalam masa pandemi covid-19 sekaligus menemukan solusi yang relevan dengan kondisi tersebut. Luaran dari penelitian ini berupa data pemetaan perilaku adaptif keluarga, buku hasil penelitian ber-ISBN, dan artikel pada jurnal internasional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Komunikasi
Depositing User: Andi Windah, S.I.Kom, MComn&MediaSt
Date Deposited: 12 Nov 2021 00:55
Last Modified: 12 Nov 2021 00:55
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36300

Actions (login required)

View Item View Item