Gunowibowo, Pentatito and Setiawati, Santy and Agnesa, Tia (2021) EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI METACOGNITIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF. lppm unila. (Unpublished)

[img] Text
LAPPenelitian_Pak Penta_2021 (10 nov 2021) (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa dapat dilakukan melalui proses belajar dengan memberikan masalah-masalah kontekstual. Dalam pelaksanaannya, guru perlu menerapkan strategi metacognitif yang akan memicu siswa untuk mengenal apa yang diketahui dan apa yang dibutuhkan dari masalah, dan memberikan kesempatan pada siswa untuk menerapkan strategi penyelesaian, serta menarik kesimpulan dari permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendisain dan mengembangkan model strategi pembelajaran metacognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa, 2) melihat efektivitas model yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Bandar Lampung. Satu sekolah yang terpilih secara acak sebagai sekolah sampel adalah SMPN 2 bandar Lampung. Pada sekolah ini diambil secara acak satu kelas sebagai kelas eksperimen, yang diterapkan strategi pembelajaran metacognitif. Dalam hal ini terpilihlah siswa kelas VIII9 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir reflektif siswa telah valid, reliabel, dan daya pembeda serta tingkat kesukarannya telah memenuhi kriteria. Hasil penelitian dan pembahasan menyimpulkan bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan berpikir reflektif matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran strategi metakognitif lebih dari 60% dari jumlah siswa. Dengan demikian, penerapan strategi metakognitif efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Bandar Lampung

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: PENTATITO
Date Deposited: 12 Nov 2021 00:55
Last Modified: 12 Nov 2021 00:55
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36285

Actions (login required)

View Item View Item