Gunowibowo, Pentatito and Noer, Sri Hastuti and Triana, Mella (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE. lppm unila. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian Senior_FKIP_Pentatito G_2021.pdf

Download (482kB)

Abstract

Pembelajaran online menyisakan banyak permasalahan terkait proses maupun hasil pembelajaran. Berbagai hal yang terjadi diantaranya kurangnya motivasi belajar, terbatasnya media pembelajaran yang digunakan guru, akses internet, pembelajaran yang belum sepenuhnya interaktif dan masalah psikologis lainya yang banyak dialami siswa. Hal ini pun terungkap dari studi pendahuluan yang dilakukan melalui penyebaranangket kepada guru matematika di Provinsi Lampung. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran online dapat dilakukan melalui pengkajian secara mendalam bagimana kaitan kemampuan awal, kecerdasan emosional siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan awal dengan kemampuan komunikasi matematis siswa, 2) mengukur besarnya pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan awal dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Metro Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam sembilan kelas dengan jumlah siswa 282 orang. Dari ke Sembilan kelas tersebut akan dipilih satu kelas yang akan dijadikan sebagai sampel teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awa dan tes kemampuan komunikasi matematis serta angket kecerdasan emosional siswa. Luaran penelitian ini berupa model pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi matematis yang menjadi menjadi dasar pengembangan pembelajaran online serta satu artikel ilmiah yang dimuat dalam Jurnal Nasional Berindeks Sinta 2. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) secara umum terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan awal dan kecerdasan emosi terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; (2) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan awal dan kecerdasan emosi terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: PENTATITO
Date Deposited: 12 Nov 2021 00:48
Last Modified: 12 Nov 2021 00:48
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36283

Actions (login required)

View Item View Item