kartini herlina, KH and Doni Andra, DA and I Dewa Putu Nyeneng, IDPN EKSPLORASI KEYAKINAN EPISTEMOLOGIS CALON GURU FISIKA DAN KONSEP TENTANG BELAJAR MENGAJAR DAN MODEL MENTAL DALAM KONSEP OPTIKA (Adaptasi Teaching And Learning Conceptions Questionnaire dan Epistemological Beliefs Questionnaire). FKIP Unversitas Lampung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Kartini Herlina_KIP_PS_Lap_2021-dikompresi.pdf

Download (988kB) | Preview

Abstract

Sejak ditetapkan sebagai bencana nasional, menteri Pendidikan Nasional membuat kebijakan pendidikan melalui tatap muka menjadi pembelajaran di rumah. Artinya kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di sekolah menjadi di rumah. Sistem inilah yang banyak dijumpai dan berkendala. Rendahnya kesadaran menyebabkan siswa tidak mengikuti pembelajaran daring diikuti oleh kurangnya minat dan keraguan tentang kegunaan pembelajaran daring, kurang kehadiran, kurangnya sentuhan pribadi, dan kurangnya interaksi karena masalah konektivitas ditemukan menjadi kelemahan signifikan dari pembelajaran daring. Kesadaran ini dapat di tindaklanjuti sebagai keyakinan atau belief. Penelitian yang akan dilaporkan ini menyelidiki keyakinan guru calon guru tentang pengaturan diri belajar dari sudut pandang perubahan konseptual. Penelitian perubahan konseptual meneliti pembelajaran yang terjadi ketika individu dihadapkan pada informasi baru yang memerlukan revisi substansial dari pengetahuan sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan instrumen kuisoner Keyakinan guru/ calon guru tentang belajar dan mengajar dalam pebelajaran hybrid learning di era Pasca Pandemi COVID-19 (New Normal). Selain mengahasilkan intrument kuisoner, penelitian ini mencari hubungan keyakianan (belief) terhadap pembelajaran dan belajar dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Subjek dalam penelitian adalah untuk memperoleh baik data sebagai analisis kebutuhan, maupun ketercapaian media sebagai suplemen pembelajaran. Subjek penelitian dipilih melalui teknik random sumpling (melalui undian) beberapa guru/calon guru pendidikan fisika di sekolah maupun di instansi perguruan tinggi. Analisis pemodelan persamaan struktural (SEM) dilakukan dengan menggunakan AMOSS v26 menggunakan penduga data kategorikal yang kuat. Hasil SEM menunjukkan pada angket Konsepsi Belajar Mengajar (teaching and learning conceptions questionnaire) kategori marginal fit (RMSEA) poor fit (NFI, RFI, IFI, TLI dan CGI), selain itu ditunjukkan bahwa indikator-indikator memiliki konsistensi internal yang baik namun kurang adanya pembentukan di variabel varians latennya. Sedangkan hasil SEM angket Keyakinan Epistomologis (Epistemological beliefs questionnaire) kategori poor fit baik dilihat dari RMSEA maupun NFI, RFI, IFI, TLI dan CGI. Indikator Fixed ability, Learning effort, Authority, dan Certainty Knowledge memiliki konsistensi internal yang baik, sedangkan Authority konsistensi internal yang kurang baik. Varians pada angket Keyakinan Epistomologis (Epistemological beliefs questionnaire) yang diekstraksi dari indikator-indikator lebih besar untuk pembentukan variabel laten. Kata kunci: Belief, Conceptual change, Hybrid learning, Model Mental, Optika.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: KARTINI HE KH
Date Deposited: 12 Nov 2021 00:46
Last Modified: 12 Nov 2021 00:46
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36241

Actions (login required)

View Item View Item