Ismu Wahyudi, IW and I Dewa Putu Nyeneng, IDPN and Eko Suyanto, ES and Feriansyah Sesunan, FS (2021) PELATIHAN EKSPERIMEN FISIKA MENGGUNAKAN SMARTPHONE BERBASIS HYBRID LEARNING BAGI GURU FISIKA SMA/MA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Unila, LPPM Unila. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ismu wahyudi_FKIP_PkM Mandiri_Laporan.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36227

Abstract

Pemerintah melalui kemendikbud, mengintruksikan pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring selama masa Pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut mewajibkan guru untuk mampu berinovasi, sehingga pembelajarannya berjalan dengan baik dan menarik bagi siswa. Pembelajaran fisika secara daring yang sudah dilakukan di sekolah terhambat dengan pelaksanaan praktikum, sebagian guru menggantikan praktikum dengan video demontrasi, atau melakukan praktikum dengan virtual laboratorium, bahkan sebagian guru tidak melakukan praktikum dalam pembelajaran. Proses pembelajaran fisika seyogyanya dapat membimbing siswa dalam menemukan konsep, melalui rangkaian kegiatan yang melibatkan keterampilan mengamati, malakukan eksperimen, mengolah dan menginterpretasikan data dari variabel-variabel fisika. Kegiatan ilmiah tersebut, tidak dapat dilakukan seutuhnya hanya melalui video demontrasi, dan virtual laboratorium. Praktikum fisika dapat dilakukan dengan berbantukan smartphone menggunakan aplikasi phyphox. Metode praktikum ini dapat menggantikan praktikum yang sebenarnya di laboratorium, ketika pembelajaran dilakukan secara daring atau hybrid learning. Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk melatihkan guru-guru dalam membelajarkan fisika dengan praktikum berbantukan smartphone menggunakan aplikasi phyphox, baik secara daring maupun hybrid learning. PKM ini terbagi menjadi dua kegiatan, pertama in-service training dengan metode eksplanasi, diskusi, latihan, dan simulasi, dan kedua on-job training, peserta pelatihan mengimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah serta diwajibkan untuk melaporkan hasilnya. Keywords: Hybrid learning, Pembelajaran daring, tracker, Phyphox, Praktikum fisika dengan smartphone.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: ISMU WAHYU
Date Deposited: 12 Nov 2021 00:45
Last Modified: 12 Nov 2021 00:45
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36227

Actions (login required)

View Item View Item