Ismu Wahyudi, IW and Eko Suyanto, ES and Hervin Maulina, HM (2021) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM ELEKTRONIK INTERAKTIF MATERI GERAK LURUS SEBAGAI ALTERNATIF PANDUAN PRAKTIKUM MANDIRI SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DENGAN MEMANFAATKAN SOFTWARE TRACKER. Unila, LPPM Unila. (Submitted)

[img] Text
ISMU WAHYUDI_FKIP_Pen.Yunior_Laporan-fix.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36212

Abstract

Inovasi dalam pembelajaran jarak jauh atau dikenal dengan pembelajaran daring (dalam jaringan) di masa pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi pengajar dalam menciptakan keterlibatan dan suasana belajar yang menarik bagi siswa. Selain itu, isi keterbatasan pelaksanaan praktikum fisika di SMA selama pandemi dan keterampilan representasi jamak yang rendah pada pelajaran fisika juga menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Oleh karena itu, guna mengatasi hal tersebut dikembangkanlah modul praktikum elektronik interaktif yang dapat diakses baik melalui PC atau smartphone. Modul praktikum fisika materi gerak lurus ini didesain agar siswa dapat melakukan praktikum gerak lurus secara mandiri di rumah atau sekolah dengan bantuan data yang diperoleh dari software tracker dengan yang free akses dengan berbagai fitur dan fleksibiltas penggunanya. Selain itu, tujuan khusus dilakukan penelitian ini adalah mendesain modul praktikum elektronik interaktif yang dapat diakses melalui smartphone yang telah diuji kelayakan yang meliputi media maupun konstruk/isi guna meningkatkan keterampilan representasi jamak siswa. Desain penelitian yang digunakan mengadopsi Richey and Klien dengan tahapan Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Pengambilan keputusan. Data penelitian ini diperoleh dari kuisioner hasil uji validasi dan uji kelompok kecil, yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Modul praktikum elektronik interaktif hasil pengembangan tervalidasi ahli, layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Modul yang dikembangkan memiliki tingkat kemenarikan 88,25% (sangat tinggi), tingkat kemudahgunaan 83,49% (sangat tinggi) dan juga tingkat kebermanfaatan 86,67% (sangat tinggi). Modul ini juga efektif digunakan dalam pembelajaran dengan N-gain 0,73 (kategori tinggi) pada kemampuan representasi jamak siswa dan 0,37 (kategori sedang) pada kemampuan interpretasi grafik siswa. Kata kunci: Modul elektronik praktikum interaktif, gerak lurus, software tracker.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: ISMU WAHYU
Date Deposited: 11 Nov 2021 09:58
Last Modified: 11 Nov 2021 09:58
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36212

Actions (login required)

View Item View Item