Dinda, Dinda and Ambarita, Alben and Herpratiwi, Herpratiwi and Nurhanurawati, Nurhanurawati (2021) Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Journal of Elementary Education, 5 (5). pp. 3712-3722. ISSN 2580-1147

[img] Text
1439-5408-1-PB.pdf

Download (318kB)
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis PBL yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika peserta didik kelas V SD/MI. Penelitian pengembangan ini mengikuti enam tahap metode Borg and Gall. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Metro, Lampung. Sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VA MIN 3 Metro sebanyak 25 peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk LKPD berbasis PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika kelas V SD/MI dengan perolehan n-gain sebesar 0,63 ternormalisasi pada klasifikasi sedang dan tingkat efektivitas pada kategori efektif.Kata kunci: LKPD, PBL, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Depositing User: ALBEN AMBA
Date Deposited: 11 Nov 2021 08:49
Last Modified: 11 Nov 2021 08:49
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36172

Actions (login required)

View Item View Item