Dahlan, Syarifuddin and Sutiarso, Sugeng and Hermawan, Rahmat and Raja, Patuan Kriteria dan Prediksi Capaian Penjurusan Studi di SMA Berbasis Kesesuaian Tipe Kepribadian - Kelompok Mata Pelajaran. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unila. (Unpublished)

[img] Text
Syarifuddin D_FKIP_PPr_Laporan Akhir.pdf

Download (260kB)

Abstract

Kriteria dan Prediksi Capaian Penjurusan Studi di SMA Berbasis Kesesuaian Tipe Kepribadian - Kelompok Mata Pelajaran Syarifuddin Dahlan, Sugeng Sutiarso, Rahmat Hermawan, Patuan Raja ABSTRAK Pemilihan jurusan studi di sekolah menengah menuntut adanya kecocokkan antara diri dan kelompok mata pelajaran pilihan siswa, namun hingga kini bukti emperik tentang pertimbangan efektif dalam penjurusan itu masih langka. Studi ini bertujuan ingin merumuskan kriteria penjurusan studi dan memeriksa nilai prediksi capaian belajar siswa SMA berbasis kesesuaian antara tipe kepribadian – kelompok mata pelajaran pilihan siswa. Penelitian dilaksanakan di sekolah menengah pada tahun 2021 menggunakan metoda korelasional kuwantitatif dengan sampel 145 orang siswa (IPA= 46; laki-laki & perempuan, IPS= 48; laki-laki & perempuan, Bahasa= 25; laki-laki & perempuan, dan Agama= 26; laki-laki & perempuan). Data Tipe Kepribadian dijaring mengunakan IEKAD, sedangkan capaian belajar kelompok mata pelajaran siswa dikumpulkan melalui dokumentasi atas nilai raport mereka. Analisis dan perhitungan data penelitian secara kuwantitatif akan dilakukan menggunakan teknik analisis statistik dengan bantuan fasilitas SPSS. Penelitian ini diharapkan menghasilkan suatu model penjurusan studi di SMA yang berupa kriteria pilihan bagi pola kepribadian dan kelompok mata pekajaran tertentu. Artikel hasil penelitian akan dipresentasikan pada seminar tingkat universitas dan dipublikasikan pada jurnal internasional minimal terindeks SCOPUS Q3. Tingkat Kesiapan Teknologi luaran penelitian ini ada pada level 5 Penelitian menemukan bahwa skor tipe kepribadian siswa berpengaruh besar pada prestasi akademik kelompok mata pelajaran peminatan di SMA. Pengaruh setiap tipe pada masing-masing kelompok mata pelajaran peminatan beragam dan sangat berarti. Kombinasi tiga tipe kepribadian vokasional telah melahirkan suatu kriteria pelayanan penjurusan (peminatan kelompok mata pelajaran) di SMA. Hasil uji regresi kriteria semua kombinasi tersebut menunjukkan pengaruh yang sangat berarti. Disarankan kepada para peneliti untuk melakukan penelitian lanjutan yang serupa guna memantapkan temuan studi ini. Kepada para konselor sekolah disarankan untuk mempertimbangkan penggunaan kriteria penjurusan studi ini dalam pelayanan peminatan kelompok mata pelajaran siswa. Kata kunci: Tipe kepribadian, kelompok mata pelajaran, siswa, kriteria penjurusan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SYARIFUDDI DAHLAN
Date Deposited: 11 Nov 2021 08:43
Last Modified: 11 Nov 2021 08:43
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36153

Actions (login required)

View Item View Item