Nur Efendi, Nur and Gusri Ahyar Ibrahim, Gusri and Sri Waluyo, Sri (2021) Implementasi Edupreneuship Melalui Pemberdayaan Guru Smk Di Kelurahan Way Laga Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung. JUrnal Graha Pengabdian. ISSN E-ISSN 2715-5714 (Submitted)

[img] Text
login_source=%2Findex.php%2Fjgp%2Fauthor - Submitted Version

Download (16kB)
Official URL: http://journal2.um.ac.id/index.php/jgp/author/subm...

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan lembaga pendidikan yang sangat dibutuhkan untuk membekali calon tenaga kerja profesional dengan keterampilan praktis sehingga mereka siap untuk bersaing di pasar tenaga kerja. Untuk bisa menjadi lembaga pendidikan yang unggul diperlukan manajemen sekolah, guru, dan kurikulum yang baik. Namun sayangnya tidak banyak SMK yang mampu memenuhi kriteria ini yang disebabkan oleh kurangnya sumber pendanaan lembaga. Untuk mengatasi hal ini sekolah perlu mengimplementasikan edupreneurship. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra yang dalam hal ini adalah sekolah SMK Plus Bani Salim Bandar Lampung yaitu kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dan manajemen sekolah untuk mengimplementasikan edupreneurship dan kewirausahaan. Berdasarkan analisis situasi ini maka tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan edupreneurship. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pemberdayaan terhadap guru dan manajemen sekolah. Kegiatan pemberdayaan ini dilakukan dalam bentuk workshop, pelatihan, dan pendampingan. Untuk mengatasi permasalahan ini maka solusi yang diberikan adalah dengan mengimplementasikan edupreneurship melalui pemberdayaan guru. Target kegiatan ini adalah terimolementasinya edupreneurship di SMK Plus Bani Salim. Luaran dari kegiatan ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan guru dan manajemen sekolah dalam mengimplementasikan edupreneurship. Luaran lainnya adalah sebuah artikel jurnal nasional bereputasi. Kegiatan workshop dan pelatihan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 31 Juli dan 1 Agustus 2021 bertempat di SMK Plus Bani Salim. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan berhasil meningkatkan pengetahuan peserta dengan rata-rata peningkatan 40,44%. Capaian indikator keberhasilan workshop telah melampaui target dimana semua peserta memiliki nilai post test 75 atau lebih. Sedangkan indikator keberhasilan kegiatan pelatihan belum dapat dicapai secara maksimal karena unit bisnis yang akan sedang direncanakan membutuhkan anggaran yang cukup besar. Meskipun demikian peserta pelatihan telah dapat melakukan analisis kelayakan bisnis dengan cukup baik. Kata Kunci : Edupreneurship, kewirausahaan, Sekolah Kejuruan

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Administrasi Bisnis
Depositing User: NUR EFENDI
Date Deposited: 11 Nov 2021 07:36
Last Modified: 11 Nov 2021 07:36
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/36088

Actions (login required)

View Item View Item