Ambarwati, Dwi Asri Siti and Pandjaitan, Dorothy Rouly H. and Panuju, Yahya NIAT PEMBELIAN DAN KESADARAN DIRI PUBLIK PADA KONSUMEN “GREEN SKINCARE”: EFEK DARI KEBANGGAAN, RASA BERSALAH DAN PERHATIAN(STUDI PADA PRODUK GREEN SKINCARE BUATAN INDONESIA). saeb. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
DWI ASRI SITI AMBARWATI_FEB_PD_LAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Konsumen pada saat ini sangat peduli dengan efek dari penggunaan suatu produk bagi alam sekitar. Hal ini mengakibatkan meningkatnya pembelian produk-produk yang aman bagi lingkungan baik dari segi sisa (limbah) penggunaan produk tersebut maupun proses produksi dari suatu produk. Kondisi ini menjadi peluang baru bagi para produsen atau pebisnis untuk menciptakan produk yang aman bagi lingkungan yang sering disebut dengan “green product”. Para pemasar dan pemasang iklan juga banyak yang telah menambahkan informasi tentang produk-produk mereka yang tidak membahayakan bagi alam dan pengguna produk tersebut. Sudah banyak produsen dan pebisnis yang telah membuktikan bahwa strategi ini sangat membantu dalam perkembangan penjualan produk mereka serta memperkuat posisi merek mereka.Kecenderungan konsumen untuk memilih green product di Indonesia masih belum sebesar di negara lain padahal sudah banyak merek-merek lokal (buatan Indonesia) dengan label green product muncul. Konsumen secara normal akan membedakan diantara produk-produk dari negara asal yang berbeda. Hal ini biasanya disebabkan setiap negara memiliki citra tersendiri untuk setiap produk yang dihasilkan, untuk itu peneliti ingin melihat apa saja faktor pendorong konsumen Indonesia untuk melakukan pembelian produk terutama skincare lokal dengan konsep green.Metode riset yang akan digunakan pada penelitian ini adalah survei menggunakan kuesioner yang akan disebarkan kepada responden yang mengetahui tentang green skincare product dari Indonesia. Instrumen penelitian mengukur efek emosi kebanggaan (pride), perasaan bersalah (guilt), mindfulness, public self-awareness terhadap niat beli konsumen.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: DWI ASRI siti ambarwati
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:35
Last Modified: 11 Nov 2021 02:35
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/35877

Actions (login required)

View Item View Item