Nurhanurawati, Nurhanurawati and Widyastuti, Widyastuti and Ramadhan, Ryan DAMPAK SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 3 (2). pp. 51-58. ISSN 2657-1986
|
Text
document-3.pdf Download (727kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh self-efficacyterhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX F sebanyak 30siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian kausal komparatif. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari pengisian instrumen angketself-efficacy dan tes kemampuan komunikasi matematis yang merupakan data primer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacyyang cukup tinggidan semakin tinggi self-efficacysiswa maka kemampuan komunikasi matematis siswa juga semakin tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah self-efficacysiswa memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dengan 63,1% variabilitas kemampuan komunikasi siswa dapat dijelaskan oleh self-efficacy.Kata Kunci:komunikasi matematis, self-efficacy
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurhanuraw NURHANURAWATI |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 01:12 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 01:12 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/35848 |
Actions (login required)
View Item |