Pramudiyanti, Pramudiyanti and Meriza, Nadya and Maulina, Dina and Marpaung, Rini Rita (2021) PENDAMPINGAN �IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PEMBELAJARAN BIOLOGI �DI SMA�. In: Seminar Nasional Bersama FMIPA Unila Tahun 2021, 8-9 September 2021, Bandar Lampung. (In Press)

[img] Other (PPT Presentasi)
VIDEO pemaparan poster-PKM_PRAMUDIYANTI -.ppsx - Presentation
Restricted to Registered users only until October 2022.

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan kualitas diri dan kualitas pembelajaran. Kualitas diri terkait dengan kemauan untuk membuka diri terhadap perkembangan pengetahuan dan teknologi pengajaran. Kualitas pembelajaran terkait dengan cara-cara menyajikan materi pembelajaran yang dapat dijangkau oleh siswa dan mudah bagi guru. Kegiatan PTK dapat dilakukan oleh guru disembarang waktu, artinya tidak terikat oleh materi tertentu atau waktu khusus. Hal ini merupakan salah satu kelebihan PTK. Meskipun demikian, guru membutuhkan pendampingan untuk mempraktikkan jenis penelitian ini. Pendampingan dapat dilakukan berupa pemberian konsep-konsep PTK, cara yang mudah dalam praktik PTK dan membuat artikel sederhana untuk sosialisasi hasil PTK. Harapan dari kegiatan ini adalah munculnya guru yang memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan pembelajaran melalui PTK. Hasil kegiatan meliputi 1). Profil pengetahuan guru mengenai PTK sudah baik, ada satu guru berkategori sangat baik. 2). Pengalaman belajar guru selama pendampingan mengalami perubahan. Pengalaman belajar masing-masing guru berbeda dan terukur secara kualitatif. 3). Pengetahuan guru secara kognitif muncul dalam diskusi lisan, namun guru masih mengalami kendala untuk menuliskan dalam proposal. 4) Kendala yang dialami dalam menuliskan proposal adalah kurangnya pengetahuan guru mengenai pedagogik atau ilmu kependidikan, dan kurangnya keterampilan mencari informasi ilmiah. 5). Tindak lanjut yang perlu dilakukan adalah pelatihan keterampilan mencari informasi ilmiah, peningkatan pengetahuan pedagogik atau pedagogy content knowledge. Kata kunci: belajar; biologi; guru; pengalaman; pendampingan; penelitian tindakan kelas

Item Type: Conference or Workshop Item (Poster)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: PRAMUDIYAN Pramudiyanti
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:23
Last Modified: 08 Nov 2021 01:23
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/35380

Actions (login required)

View Item View Item