Ramadhani, Natalia and Rudibyani, Ratu Betta and Efkar, Tasviri Efektivitas Model POGIL untuk Meningkatkan Self Confidence dan Penguasaan Konsep Larutan Penyangga Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772
|
Text
21812-52944-1-PB.pdf Download (477kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model POGIL untuk meningkatkan self confidence dan penguasaan konsep larutan penyangga peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postest control grup design. Model POGIL dikatakan efektif apabila menunjukkan perbedaan nilai n-Gain self confidence dan penguasaan konsep peserta didik yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model POGIL efektif dalam meningkatkan self confidence dan penguasaan konsep larutan penyangga peserta didik. Kata kunci: model POGIL, self confidence, penguasaan konsep, larutan penyangga
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | RATU BETTA . . |
Date Deposited: | 07 Nov 2021 02:08 |
Last Modified: | 07 Nov 2021 02:08 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/35358 |
Actions (login required)
View Item |