Utoyo, Bambang and Prihantika, Ita and Saputra, Pindo Riski and Fitriani, Yuyun and Destrilia, Intan (2021) Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Politik di Era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0. In: Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Teknologi dan Inovasi (SENAPATI), 5 Oktober 2021, Bandar Lampung. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Draft Senapati Peran Mahasiswa.pdf

Download (670kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa saat ini memiliki peranan penting sebagai Political Control, Guardian of Value, Agen of Change, Iron Stock, Role Model, dan Moral Force. Mahasiswa adalah sumber daya manusia yang diharapkan memiliki kesiapan dalam menghadapi Era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0. Dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan bersaing di era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0 dibutuhkan peranan dari seluruh elemen lapisan masyarakat. Termasuk didalamnya terdiri dari pemerintah pusat dan daerah, organisasi nirlaba, akademisi dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu menggunakan metode ceramah dan (FGD) Focus Group Disscussion. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang peran mahasiswa dalam pembangunan politik di Era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0. Society 5.0 dibuat sebagai solusi dari revolusi industri 4.0 yang dikhawatirkan akan mendegradasi umat manusia dan karakter manusia. Society 5.0 bertujuan untuk mengintegrasikan ruang maya dan ruang fisik menjadi satu, sehingga semua hal menjadi mudah dengan dilengkapi artificial inteligent. Mahasiswa dalam hal ini dituntut berfikir kritis, inovatif dan kreatif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Administrasi Negara
Depositing User: ITA ITA PRIHANTIKA
Date Deposited: 06 Nov 2021 10:53
Last Modified: 06 Nov 2021 10:53
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/35310

Actions (login required)

View Item View Item