DRUPADI, RIZKY DRUPADI and Syafrudin, Ulwan
(2021)
Peran Orang Tua Dalam Proses Penyesuaian Diri Anak Usia Dini Terhadap Kegiatan Pembelajaran Di Rumah.
PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (2).
pp. 149-160.
ISSN P-ISSN: 2599-0438; E-ISSN: 2599-042X
Abstract
Peran orang tua sangat diperlukan selama proses kegiatan pembelajaran anak di rumah, yaitu
memberikan edukasi kepada anak-anaknya supaya memahami tentang pandemi yang sedang
mewabah saat ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam
proses penyesuaian diri anak usia dini terhadap kegiatan pembelajaran di rumah. Metode penelitian
yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui
wawancara dan observasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua berperan terhadap penerapan
pembelajaran di rumah pada masa pandemi dalam mendidik anak meliputi pendampingan dan
sebagai motivator. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa peran orang tua dalam penyesuaian diri
anak perlu ditingkatkan supaya anak dapat lebih optimal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di
rumah.
Available Versions of this Item
-
Peran Orang Tua Dalam Proses Penyesuaian Diri Anak Usia Dini Terhadap Kegiatan Pembelajaran Di Rumah. (deposited 06 Nov 2021 05:37)
[Currently Displayed]
Actions (login required)
|
View Item |