Henry, Susanto and Rinaldo, Adi Pratama and Yusuf Perdana, Yusuf Perdana and Valensy Rachmedita, Valensy Rachmedita (2021) PELATIHAN CARA PENULISAN BUKU DAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SDN 31 TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN. PELATIHAN CARA PENULISAN BUKU DAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SDN 31 TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN, 1 (2). pp. 1-5. ISSN 2808-1404

[img]
Preview
Text
Pelatihan Cara Penulisan Buku Dan Artikel Ilmiah.pdf

Download (148kB) | Preview
Official URL: https://jurnalbuguh.unila.ac.id/index.php/buguh/ar...

Abstract

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan pendidik dalam menulis buku dan artikel ilmiah untuk mencapai buku dan artikel ilmiah yang layak dan menjadi rujukan pendidik yang lainnya. Namun tidak dapat dipungkiri juga bahwa masih banyak guru-guru disekolah yang belum mengetahui cara pembuatan buku ajar dan artikel ilmiah. Kenyataan yang kurang baik tersebut terjadi bukan hanya kesalahan sebagai pendidik yang tidak mengetahui atau memahami namun karena keterbatasan pengetahuan, keterbatasan sumber-sumber yang mempersulit mereka dalam pembuatan buku ajar atau artikel ilmiah. Selain itu juga kurangnya pelatihan- pelatihan yang diberikan baik dari tingkat sekolah, kecamatan ataupun kabupaten mengenai cara pembuatan buku dan artikel ilmiah semakin mempersulit pendidik untuk memperoleh pengetahuan mengenai hal tersebut. Oleh karena itu tim pengabdian melakukan pelatihan terhadap guru-guru SD mengenai cara penulisan buku dan artikel ilmiah yang materinya meliputi penjelasan mengenai buku ajar dan artikel ilmiah, cara pembuatan, struktur pada tiap komponen, bahasa yang digunakan, cara mencari referensi dan bagaimana mempublikasi suatu artikel ilmiah dan contoh-contoh jurnal yang bisa menjadi wadah publikasi artikel ilmiahnya. Setelah dilakukan pengabdian masyarakat mengenai pelatihan cara penulisan buku dan artikel ilmiah terjadi peningkatan pemahaman guru mengenai buku ajar dan artikel yakni rata-rata sebelum pengabdian 47,14% setelah dilakukan pelatihan terjadi peningkatan yang signifikan rata-rata sebesar 63,57%.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: yusuf perdana
Date Deposited: 02 Nov 2021 01:22
Last Modified: 02 Nov 2021 01:22
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/34784

Actions (login required)

View Item View Item