MILLA MARTHA FEBRILLA, Febrilla and Sowiyah, Sowiyah and MUNCARNO, Muncarno (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dasar.
|
Text
2. 16318-36554-1-PB.pdf Download (427kB) | Preview |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Sribasuki. Penelian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes mengetahui hasil belajar dan angket untuk mengukur efektivitas pengaruh model problem posing. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar. Pengujian hipotesis menggunakan rumus diperoleh data uji-t sebesar 2,16 sedangkan ttabel sebesar 2,021, perbandingan tersebut menunjukan (2,16 > 2,021) berarti Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | SOWIYAH |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 01:06 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 01:06 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/33977 |
Actions (login required)
View Item |