Rohmah, Siti Nur and Emmawaty Sofia, ES and Efkar, Tasviri and Saputra, Bayu The Effectiveness of Guided Inquiry Learning Model to Improve Students' Critical Thinking Skills on Acid-Base Materials. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 9 (3). ISSN ISSN: 2302-1772

[img] Text
21532-51368-1-PB.pdf

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Metro tahun ajaran 2019/2020 dengan sampel kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest postest control grup design. Penelitian ini di analisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-Gain dan uji effect size terhadap keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh “besar” dalam meningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan effect size sebesar 0,94.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Kata kunci:asam basa, kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran inkuiri terbimbing

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: EMMAWATY S
Date Deposited: 16 Sep 2021 01:50
Last Modified: 16 Sep 2021 01:50
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/33925

Actions (login required)

View Item View Item