Pitaloka, Haniska Virginia and Emmawaty Sofia, ES and Efkar, Tasviri The Effectiveness of Guided Inquiry Learning Model to Improve Science Literacy Skills and Students Self Efficacy on AcidBase Materials. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 9 (3). pp. 153-164. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
21530-51366-1-PB.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan efikasi diri siswa pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas XI MIA SMAN 3 Metro tahun ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing di analisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-Gain dan uji effect size terhadap kemampuan literasi sains dan efikasi diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing memiliki pengaruh “besar” dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan efikasi diri siswa dengan effect size sebesar 89,01% dan 93,28%. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan efikasi diri siswa pada materi asam basa. Kata kunci: asam basa, literasi sains, efikasi diri, model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: EMMAWATY S
Date Deposited: 16 Sep 2021 01:50
Last Modified: 16 Sep 2021 01:50
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/33924

Actions (login required)

View Item View Item