rochmiyati, rochmiyati (2014) Implementasi Asesmen Portofolio pada Akreditasi Sekolah Dasar. In: konferensi ilmiah tahunan, 18-20 September 2014, Bali.

[img]
Preview
Text (Artikel)
8. 434d0q1593522969(1) (1).pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Reviewer)
8.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Similaritas)
8. IMPLEMENTASI_ASESMEN_PORTOFOLIO_PADA_AKREDITASI_SE.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggali informasi bagaimana implementasi asesmen portofolio pada akreditasi sebagai bahan kaji ulang pelaksanaan dan pembinaan melalui akreditasi Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis data berupa kata-kata, kalimat, dan dokumen dan tidak dimanipulasi. Subyek penelitian adalah Kepala SD Negeri dan Swasta yang dipilih secara acak dengan katagori sekolah inti dan sekolah imbas. Data hasil wawancara dan dokumen, secara berkelanjutan dengan analisis induktif berdasarkan pengelompokan indikator dan klasifikasi. Hasil penelitian menunjukkan, SD Negeri dan SD Swasta Inti menyatakan sangat mudah memenuhi persyaratan akreditasi dengan menggunakan model asesmen portofolio, karena Kepala Sekolah dan Staf memahami butir-butir portofolio sehingga persiapan dapat dilakukan sebelum penilaian akreditasi. SD Negeri dan SD Swasta Imbas menyatakan kurang dapat memenuhi persyaratan akrediatasi, meskipun menyatakan mudah memahami butir-butir porto folio oleh Kepala Sekolah, tetapi sebagian besar guru dan staf kurang memahami. Penugasan peningkatan kualitas guru dan staf oleh Dinas Pendidikan cenderung diberikan pada SD Negeri Inti. SD Swasta Inti dan Imbas merasa perlu memiliki kualifikasi akreditasi sangat baik (A) guna meningkatkan satatus dan kepercayaan masyarakat kepada sekolah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: ROCHMIYATI
Date Deposited: 10 Sep 2021 01:07
Last Modified: 10 Sep 2021 01:07
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/33815

Actions (login required)

View Item View Item