Rifai, Ahmad and Zefanya, Rachel Agustin Inggrid and Putri, Abrila Tamara and Al-Ihya, Ahmad Duta and Adha, Muhammad Mona and Hartino, Ahman Tosy (2021) Pendidikan Pancasila Dalam Konteks Materi Pembelajaran Bagi Mahasiswa (Generasi Muda) Pada Era Kekinian Society 5.0. In: Seminar Nasional Virtual Pendidikan Kewarganegaraan 2021 "Respons Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Juli 2021, Solo.

[img] Text
PROSIDING SEMNAS RIFAI.pdf

Download (132kB)
Official URL: https://ppkn.fkip.uns.ac.id/seminar-nasional-ppkn-...

Abstract

Media sosial dapat menjadi salah satu perlengkapan yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembelajaran Pancasila bagi generasi muda. Media sosial merupakan sarana online yang memungkinkan penggunanya dapat beradaptasi, membagikan, serta menciptakan jejaring sosial dengan mudah. Media sosial membuat seseorang bisa menemukan komunitas dengan hobi yang sama, membagikan informasi dengan waktu yang singkat, menjadi media promosi, serta berpartisipasi dengan memberikan komentar akan suatu hal. Pembelajaran Pancasila yang biasanya monoton dan bersifat hafalan menjadi kurang menarik bagi generasi muda di era kekinian. Dengan adanya media sosial, maka pembelajaran Pancasila dapat dibuat menjadi lebih kreatif dan inovatif di era kekinian bagi generasi muda. Mahasiswa yang telah mendapatkan pembelajaran mengenai Pendidikan Pancasila di kelas mereka dapat membagikan apa yang mereka pelajari kepada orang lain melalui media sosial dengan cara yang kreatif baik melalui foto, video, atau media lainnya. Pengguna aktif media sosial secara kasat mata dapat dengan mudah dijumpai di sekitar kita, maka kita bisa memanfaatkannya untuk penyebaran nilai-nilai Pancasila. Youtube, Whatsapp, Facebook, Instagram, dan Twitter merupakan lima media sosial yang paling besar dipergunakan di Indonesia. Pembelajaran Pancasila melalui media sosial merupakan cara yang efisien dalam memberikan dorongan serta semangat untuk menyampaikan pesan pembelajaran Pancasila kepada banyak orang dengan menampilkan karya-karya yang kreatif. Pembelajaran Pancasila sebaiknya juga dapat disesuaikan dengan keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran Pancasila yang cenderung satu arah dan sulit dipahami oleh generasi muda, maka akan menjadi menarik dan lebih mudah dipahami dengan contoh-contoh sederhana yang diberikan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN
Depositing User: Mr Muhammad Mona Adha
Date Deposited: 29 Aug 2021 01:34
Last Modified: 29 Aug 2021 01:34
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/33707

Actions (login required)

View Item View Item