Edi Suyanto, ES and Muhammad Fuad, Muhammad Fuad (2021) Strategi menulis kreatif dalam pembelajaran daring siswa SMP di Kabupaten Pringsewu tahun 2020. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 22 (1). pp. 105-115. ISSN P-ISSN: 1411-2051 / E-ISSN: 2620-3928
|
Text (Artikel)
10. 22159-53092-2-PB.pdf Download (655kB) | Preview |
|
|
Text (Reviewer)
10.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang digunakan siswa dalam menulis kreatif melalui pembelajaran daring, serta kendala yang dihadapi siswa Kelas VIII SMP di Kabupaten Pringsewu Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif, berupa studi kasus. Sumber data berupa proses menulis, termasuk guru dan hasil pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa, yang ditentukan secara purposif, khususnya siswa yang memiliki kemampuan menulis dengan kategori sepuluh terbaik di sekolahnya. Hasil penelitian menunjukkan keseluruhan siswa dominan menggunakan strategi dalam menulis kreatif, yakni sebanyak 71,55% dengan kategori baik. Strategi yang dilakukan siswa terkait dengan proses penulisan (79,31%), penetapan tujuan (48,28%), pengaturan waktu (58,62%), dan pemanfaatan bahan (100%). Untuk produk tulisan ditemukan rerata nilai siswa untuk semua komponen sebesar 77,75 (83,62%) dengan kategori baik. Selama proses penulisan ditemukan beberapa kendala, yakni 6,90% siswa kurang paham dalam hal menetapkan tujuan menulis dan 16,38% siswa kurang mampu mengelola waktu karena penulisan dilakukan di rumah (terlalu leluasa)
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Depositing User: | MUHAMMAD F MUHAMMAD FUAD |
Date Deposited: | 05 Aug 2021 09:08 |
Last Modified: | 05 Aug 2021 09:08 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/33332 |
Actions (login required)
View Item |