Susanti, Emilia (2020) Sosialisasi Membangun Literasi Karakter Berbasis Pancasila di Era Digital 4.0 dalam Upaya Pencegahan Radikalisme dan Terorisme pada Remaja. Jurnal Sumbangsih, 1 (1). pp. 9-18.

[img]
Preview
Text
3-Article Text-6-1-10-20201228.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
Official URL: https://sumbangsih.lppm.unila.ac.id/index.php/jsh

Abstract

Generasi milenial 4.0 erat kaitan nya dengan remaja yang mudah beradaptasi dengan perkembangan teknologi yangpesat. Permasalahan mitra dalam kegiatan ini adalah rendahnya pemahaman siswa SMAN 1 Tulang Bawang Tengah, Kab. Tuba. Barat terhadap nilai-nilai pancasila serta potensi masuknya paham radikalisme dan terorisme mengingat kondisi remaja pada SMAN1 Tulang Bawang Tengah ada pada daerah dan hampir seluruh siswa/siswai SMAN 1 Tuba. Tengah adalah pengguna gadget aktif. Berdasarkan observasi pra pengabdian pemahaman siswa/siswi SMAN 1 Tuba. Tengah, Kab. Tuba Barat sangat tentang paham radikalisme dan terorisme sangat kurangl serta belum pernah dilakukan sosialisasi literasi penggunaan media dan asapek negatifnya. Kegiatan ini bertujuan membangun literasi karakter siswa/siswi SMAN 1 Tuba. Tengah berbasis pancasila, cerdas informasi dan digitalisasi 4.0 sebagai upaya pencegahan terhadap paham radikalisme dan terorisme. Mitra pada kegiatan ini adalahpihak sekolah SMAN 1 Tulang Bawang Tengah dan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tulang Bawang Barat Metode kegiatan dilakukan dengan ceramah, tanya jawab, diskusi terfokus dan bimbinganklinis. Hasil kegiatan yang diperoleh adalah Kegiatan sosialisasi dan Literasi Karakter Berbasis Pancasila Di Era Digital 4.0 pada siswa/I SMAN 1 Tulang Bawang Tengah, Kab. Tulang Bawang Bara menghasilkan hal-hal sebagai berikut Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman siswa/siswi SMAN 1 Tulang Bawang Tengah mengenai karakter berbasis pancasila dan pemahaman siswa mengenai paham radikalisme dan terorisme serta upaya pencegahannya. Kegiatan ini juga berpengaruh pada meningkatnya kesadarn dan pemahaman siswa serta pihak sekolah mengenai aspek hukum pidana dalam penggunaan media sosial terhadap remaja. Bagi pihak sekolah kegiatan ini memberikan kesadaran bagi pihak sekolah terhadap pentingnya aspek pengawasan dan pendampingan sekolah terhadap siswa/iSMAN 1 Tulang Bawang Tengah dari bahaya laten paham radikalisme dan terorisme. Keberhasilan kegiatan ini tidak terlepas adari dukungan semua mitra terutama pihak selolah dan siswa/i SMAN 1 Tulang Bawang Barat yang dengan antusias mendukung pelaksanaan kegiatan ini serta Dinas Kom Info Tulang Bawang Barat sebagai mitra pemateri. Tidak ada faktor penghambat dalam kegiatan ini hanya saja pelaksanaan kegiatan harus mengikuti standar Covid-19namun tujuan kegiatan tetap terlaksana dengan baik. Saran dari kegiatan ini adalah perlu dilakukan kegiatan berkelanjutan secara kontinue dan melibatkan lebih banyak lagi mitra kegiatan

Item Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum (FH) > Prodi Ilmu Hukum
Depositing User: S.H., M.H Emilia Susanti
Date Deposited: 08 Jun 2021 01:25
Last Modified: 08 Jun 2021 01:25
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/32203

Actions (login required)

View Item View Item