Wijaya, Apriyanda Kusuma and Gitono, Urip and Adha, Muhammad Mona (2020) KONTRIBUSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK PENGEMBANGAN KETERAMPILAN INTELEKTUAL SISWA. Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Universitas Tanjungpura, 1 (2). pp. 130-139. ISSN ISSN 2614-4697 dan ISSN online 2723-0996

[img]
Preview
Text
41253-75676630597-1-PB.pdf

Download (561kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPPKn/index

Abstract

Riset ini bertujuan mengetahui efek pembelajaran PKn yang menggunakan model role playing terhadap keterampilan intelektual siswa. Riset ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Siswa SMK Telkom Bandung secara keseluruhan yang berjumlah 858 siswa menjadi populasi penelitian kemudian untuk sampelnya yaitu 32 siswa kelas X Multimedia-2 sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas X Multimedia-3 sebagai kelas kontrol. Riset ini menggunakan observasi, tes, dan angket sebagai instrument penelitian. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji statistik inferensial parametrik Uji-T dengan bantuan software aplikasi SPSS versi 20. Hasil riset ini menunjukkan bahwa pembelajaran PKn yang menggunakan model role playing berpengaruh terhadap perkembangan keterampilan intelektual siswa. Siswa pada kelas yang menggunakan model role playing (kelas eksperimen) memiliki keterampilan intelektual yang lebih baik dibandingkan siswa pada kelas pembelajaran konvensional ceramah (kelas control). Keterampilan intelektual dalam penelitian ini meliputi kemampuan dalam mengidentifikasi masalah, mendeskripsikan masalah, dan mengambil sikap terhadap masalah. Hal tersebut dibuktikan dengan mean pada kelas eksperimen yang lebih besar daripada mean pada kelas kontrol.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN
Depositing User: Mr Muhammad Mona Adha
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:12
Last Modified: 04 Jun 2021 07:12
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/32012

Actions (login required)

View Item View Item