Saylendra, N. Putri and Sanusi, Aris Riswandi and Adha, Muhammad Mona (2020) Faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler paskibra dalam menerapkan karakter disiplin siswa. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5 (1). pp. 64-71. ISSN E-ISSN: 2580-5487
|
Text
Artikel UBP 2020 2.pdf Download (350kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana hambatan dalam menerapkan karakter disiplin siswa pada kegiatan ekstrakurikuler paskibra di SMK Texar Klari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pembina, pelatih dan siswa anggota ekstrakurikuler paskibra. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang sibuk dalam dunia bermain, kurangnya dukungan dari orangtua, keterbatasan waktu dengan orangtua terbatas, kurangnya kerja sama antara siswa yang satu dengan siswa yang lain, serta adanya perbedaan pendapat antara siswa yang satu dengan siswa yang lain. Dari berbagai hambatan kegiatan ekstrakurikuler paskibra, tentunya terbentuknya kedisiplinan dalam diri siswa. Rekomendasi penelitian kepada sekolah sebagai pembuat kebijakan di harapkan untuk mengembangkan kedisiplinan siswa bukan hanya melalui kegiatan ekstrakurikuler saja, tetapi kegiatan lain harus di terapkan. Kepada guru di harapkan guru Pembina maupun pelatih dapat terus mengembangkan dan menumbuhkan karakter disiplin siswa agar dapat meningkatkan karakter disiplin pada proses belajar peserta didik di dalam kelas, di kehidupan sehari-hari bahkan tertanam karakter disiplin tersebut hingga dimasa depan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN |
Depositing User: | Mr Muhammad Mona Adha |
Date Deposited: | 04 Jun 2021 01:34 |
Last Modified: | 04 Jun 2021 01:34 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31925 |
Actions (login required)
View Item |