Bendi Juantara, Bendi and Indra Bulan, bulan (2020) PENDIDIKAN LINGKUNGAN DAN JALAN TENGAH KEBIJAKAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA. Jurnal Sosisologi FISIP UNILA. ISSN P-ISSN 1411-0040 dan e-ISSN 2549-7235

[img]
Preview
Text
jurnal sosiologi.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Sejak Indonesia masuk dalam sistem kapitalisme global, kepentingan Indonesia untuk meningkatkan stabilitas dan pertumbuhan ekonomi menjadi prioritas utama. Namun demikian kebijakan yang diciptakan justru dilematis karena telah mengorbankan masalah lingkungan. Ekploitasi sumber daya alam di Indonesia telah dilakukan secara massif, terstruktur dan sistemastis sehingga berimplikasi pada kerusakan lingkungan. Walaupun hingga saat ini telah muncul upaya jalan tengah seperti konsep Sustainable Development Goals (SDGs), tetapi orientasi ekonomi tetap dominan terutama dalam kemudahan izin investasi SDA didaerah. Diplomasi lingkungan yang dituangkan dalam pendidikan lingkungan sangat diperlukan dalam upaya peletakan nilai-nilai baru pengelolaan sumber daya alam. Tulisan ini akan menguraikan problematika pengelolaan SDA dan analisis aktor, dampak terhadap lingkungan, hingga gagasan untuk mengimplementasi pendidikan lingkungan terintegrasi pada tiga subjek yakni Mendorong Aktivisme Masyarakat Pro Lingkungan, Pengembangan Kurikulum pendidikan lingkungan di sekolah partai politik, dan Pendekatan politik pro lingkungan dalam proses kebijakan. Kata Kunci: Ekonomi Politik, Pendidikan Lingkungan, Kebijakan Sumber Daya Alam

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Unnamed user with email bendi.juantara@fisip.unila.ac.id
Date Deposited: 03 Jun 2021 06:40
Last Modified: 03 Jun 2021 06:40
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31849

Actions (login required)

View Item View Item