., Mardiana and Muhammad, Meizano Ardhi and Sulsitiono, Wahyu Eko and Windah, Andi
(2020)
ARLIB (AUGMENTED REALITY FOR LIBRARY) SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK PENGENALAN DAN PROMOSI PERPUSTAKAAN.
Tawit Pustaka Jurnal Perpustakaan dan Informasi Ilmiah, 04 (02).
pp. 9-20.
ISSN 25989464
Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin pesat, seharusnya dapat mendorong pemanfaatan teknologi tersebut untuk pelayanan yang prima sekaligus sebagai kekuatan instansi/lembaga untuk bersaing secara global. Demikian juga dalam bidang Perpustakaan, organisasi kerjasama Perpustakaan antar Perguruan Tinggi (PT) yaitu Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI), di Provinsi Lampung disebut FPPTI Lampung memiliki anggotanya 22 Perpustakaan PTN/PTS yang bergabung aktif sejak tahun 2016. FPPTI Lampung menjadi Mitra bagi tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Unila ini.
Permasalahan yang dimiliki Mitra, adalah masih minimnya TIK yang diterapkan untuk mempromosikan layanan dan fasilitas. Salah satu teknologi terkini yang dapat digunakan adalah teknologi Augmented Reality (AR). Aplikasi AR untuk navigasi Perpustakaan merupakan hasil penelitian tim PKM Unila, telah memperoleh sertifikat Hak Cipta dan sedang dalam pengajuan Paten Sederhana. Usulan penerapan aplikasi AR ini difokuskan kepada fitur-fitur umum untuk tujuan promosi Perpustakaan, disebut dengan aplikasi ARLib (Augmented Reality for Library). ARLib digunakan pada ponsel cerdas pengguna, yang melalui pemindaian kamera ponsel akan memvisualisasikan marker yang ada ke dalam bentuk tiga dimensi (3D). Unsur interaksi pengguna dibuat dengan menggunakan audio dan video. Tampilan promosi Perpustakaan akan lebih lengkap, menarik dan interaktif jika dibandingkan dengan poster ataupun brosur biasa.
Metoda yang digunakan dalam pengembangan aplikasi dan penerapan ARLib ini menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Tahapan RAD adalah identifikasi masalah dan motivasi, menetapkan objek solusi, penerapan solusi dan pelatihan serta pelaporan hasil dan publikasi. Untuk peningkatan kompetensi Mitra dalam hal teknologi dan promosi, Tim PKM telah memberikan pelatihan dan praktek, mulai dari persiapan konten promosi hingga penerapan aplikasi ARLib pada Perpustakaan Mitra. Berdasarkan indikator pemahaman dan capaian target luaran secara rata-rata tercapai pemahaman peserta sebesar 80% dan penerapan yang dilakukan sebesar 40%. Sehingga dapat dikatakan bahwa tujuan PKM ini tercapai dengan baik yaitu berupa tersedianya perangkat teknologi informasi dalam bentuk aplikasi ARLib (Augmented Reality for Library) yang dapat digunakan Mitra sebagai sarana promosi serta diperolehnya peningkatan pengetahuan dan wawasan Mitra pada TIK yang diterapkan di Perpustakaan tersebut.
Kata Kunci : Perpustakaan, FPPTI Lampung, Augmented Reality, ARLib, Promosi
Available Versions of this Item
-
ARLIB (AUGMENTED REALITY FOR LIBRARY) SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK PENGENALAN DAN PROMOSI PERPUSTAKAAN. (deposited 03 Jun 2021 06:39)
[Currently Displayed]
Actions (login required)
|
View Item |