Ikhtiarti, Endang and Trisna, Indah Nevira (2021) Analisis Kesalahan Penggunaan Pronoms Relatifs Simples Dalam Test Essai Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Prancis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2021. pp. 278-292. ISSN 2716-053X

[img]
Preview
Text
ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PRONOMS RELATIFS SIMPLES DALAM TEST ESSAI MAHASISWA SEMESTER IV PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS.pdf

Download (840kB) | Preview
Official URL: http://semnaspend.fkip.unila.ac.id/2019/08/14/pros...

Abstract

Abstrak: Dewasa ini masih banyak siswa yang belum mengerti tentang bagaiman cara menggunakan pronoms relatifs simples ( sederhana) di dalam kalimat. Hal itu tampak dari hasil belajar menulis kalimat yang masih rendah tidak sesuai dengan target yang diinginkan oleh dosen minimal dengan nilai B. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh kekeliruan dan kesalahan para mahasiswa dalam persepsinya menggunakan pronoms relatifs simples tersebut. Untuk itu pengajar perlu memperbaiki proses pengajaranya dan menemukan solusi dari permasalahannya . Metode yang digunakan adalah metode deskriftif yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpresentasikan objek sesuai dengan apa adanya. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bentuk- bentuk kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa semester IV Prodi Pendidkan Bahasa Prancis dalam menggunakan pronoms relatifs simples dan untuk mengetahui sumber sumber kesalahaan penggunaan pronoms relatifs simples yang dilakukan oleh mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan( 45,68 % ) mahasiswa melakukan kesalahan pada penggunaan pronoms relatifs simples yang mungkin disebabkan juga oleh faktor kesalahan interlingual dan intralingual. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah: bagi dosen/pengajar agar dapat menemukan solusi bagaimana cara yang mudah untuk mengajarkan pronoms relatifs simples kepada mahasiswa dengan menggunakan media/ metode dan teknik yang cocok/ sesuai, untuk meminimalisir kesalahan yang mereka lakukan, dengan harapan meningatkan hasil belajar tatabahasa (grammaire). Bagi mahasiswa agar dapat mengatasi masalahnya dalam membuat kalimat dan terbiasa (terpatri) berfikir cepat dan benar. Kata Kunci: Pronoms Relatifs Simples, Test Essai, Semester IV.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bahasa Inggris
Depositing User: ENDANG IKH
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:34
Last Modified: 02 Jun 2021 04:34
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31665

Actions (login required)

View Item View Item