diana, neti and Sutiarso, Sugeng and Bharata, Haninda (2021) PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS GUIDED NOTE TAKING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10 (1). pp. 38-47. ISSN 2442-5419

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS GUIDED NOTE TAKING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL.pdf

Download (689kB) | Preview
Official URL: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematik...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa handout berbasis guided note taking pada materi sistem persamaan linear tiga variabel dan mengetahui kualitas handout dilihat dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D, yaitu define, design, develop, disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 guru dan 5 siswa SMAN 1 Buay Bahuga. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas handout yang dikembangkan meliputi angket ahli, angket respon guru dan siswa. Angket ahli digunakan untuk mengukur kevalidan handout sedangkan angket respon guru dan siswa digunakan untuk mengukur kepraktisan handout. Produk penelitian berupa handout berbasis guided note taking pada materi system persamaan linear tiga variabel kelas X SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori valid dengan skor rata-rata 75 berdasarkan penilaian dua dosen ahli (ahli materi, desain dan bahasa); dilihat dari respon dua guru dengan rata-rata 42,5 termasuk dalam kategori baik dan respon siswa dengan rata-rata 41,8 ternasuk dalam kategori baik sehingga aspek kepraktisan dikategorikan praktis berdasarkan hasil respon pengguna handout. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa handout berbasis guided note taking pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang dikembangkan adalah valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: HANINDA BH
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:07
Last Modified: 02 Jun 2021 01:07
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31617

Actions (login required)

View Item View Item