Mahendra, I Komang Oka and Rosilawati, Ila and Setyarini, M. Efektivitas Learning Cycle 3E untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Kelarutan dan Hasil kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 9 (3). pp. 24-34. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
20167-50892-1-PB(1).pdf

Download (494kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/artic...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 3E (LC 3E) untuk meningkatkan penguasaan konsep materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Natar 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan Non Equivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan n-gain rata-rata penguasaan konsep di kelas ekspe­ri­men dan kelas kontrol masing-masing 0,68 dan 0,45, keduanya sama-sama berkategori sedang. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan n-gain rata-rata penguasaan konsep yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model LC 3E dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model LC 3E efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Kata kunci: model LC 3E, penguasaan konsep, kelarutan dan hasil kali kelarutan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: ILA ROSILA
Date Deposited: 31 May 2021 09:50
Last Modified: 31 May 2021 09:50
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31523

Actions (login required)

View Item View Item