Saputri, Amelia Yuni and Abdurrahman, Abdurrahman and Suyatna, Agus (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEM BERBASIS INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KECEMASAN KOGNITIF PESERTA DIDIK. JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA, 7 (2). pp. 118-128. ISSN 2355 – 7109

[img]
Preview
Text
abe 1 2020 OK.pdf

Download (788kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/articl...

Abstract

Salah satu permasalahan pada pembelajaran fisika yang dihadapi oleh guru adalah hasil belajar peserta didik yang rendah. Rendahnya hasil belajar peserta didik dapat disebabkan oleh peserta didik mengangap pembelajaran fisika cenderung sulit, sehingga dapat menyebabkan kecemasan kognitif peserta didik tinggi pada tugas belajar fisika. Hasil belajar yang rendah dan kecemasan kognitif yang tinggi dapat mengalami perubahan yang signifikan, jika menerapkan pendekatan pembelajaran yang tepat bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar dan penurunan kecemasan kognitif dengan menerapkan pendekatan STEM dan saintifik berbasis pembelajaran inquiry pada materi Hukum Newton. Desain penelitian yang digunakan quasi-experimental dengan jenis non-equivalent control group design. Data dikumpulkan melalui tes dan skala kecemasan kognitif. Data tersebut dianalisis menggunakan N-Gain dan Independent Sample T-Test atau Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar dan penurunan kecemasan kognitif antara implementasi pendekatan STEM dan saintifik berbasis pembelajaran inquiry dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 untuk hasil belajar dan 0,029 untuk kecemasan kognitif. Berdasarkan data N-Gain tersebut, peserta didik yang menerapkan pendekatan STEM dalam pembelajaran hukum Newton memperoleh peningkatan hasil belajar dan penurunan kecemasan kognitif yang lebih tinggi daripada peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr. Abdurrahman Abdurrahman
Date Deposited: 31 May 2021 09:49
Last Modified: 31 May 2021 09:49
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31474

Actions (login required)

View Item View Item