Permatasari, Intan and Noer, Sri Hastuti and Gunowibowo, Pentatito (2020) Efektivitas metode pembelajaran PQ4R ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 15 (1). pp. 61-72.

[img]
Preview
Text
document.pdf

Download (562kB) | Preview
Official URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/art...

Abstract

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) ditinjau dari kemampuan berpikir reflek-tif dan self-concept siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Dari sem-bilan kelas tersebut dipilih satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kon-trol. Desain penelitian yang digunakan adalahpretest-posttest control group design. Pengum-pulan data dilakukan menggunakan tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan angket self-concept siswa. Data hasil tes dan angket dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa pada kelas PQ4R dengan kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept terkategori baik lebih dari 60% dari jumlah siswa, namun peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa yang mengikuti pembelajaran PQ4R tidak lebih tinggi daripada peningkatan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembe-lajaran PQ4R tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: SRI HASTUT
Date Deposited: 30 May 2021 15:26
Last Modified: 30 May 2021 15:26
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31307

Actions (login required)

View Item View Item