DRUPADI, RIZKY DRUPADI and Syafrudin, Ulwan (2021) Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Baca Tulis Hitung untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2). pp. 24-35. ISSN ISSN (Online) : 2598-2524

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
5851-Research Results-19910-1-10-20210405.pdf

Download (156kB) | Preview
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectur...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kolase terhadap kemampuan motorik halus anak dan berapa besar peningkatannya. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Methods One group Pretest-Posttest. Berdasarkan pengamatan di TK Cahaya Pelangi pada bulan Agustus 2019 bahwa dari 17 anak yaitu 16 anak memiliki kemampuan motorik halus kategori rendah dan 1 anak kategori sedang. Hal ini terlihat dalam belum mampunya anak dalam mengambil benda kecil menggunakan jempol dan jari telunjuk, menggunting, melipat, merobek, menekuk jari untuk mengoles lem, merekatkan, melepaskan, menjepit bahan dengan jari, menempel, merangkai/menyusun bahan pada pola gambar atau desain dengan rapi, fokus mengerjakan dari awal hingga akhir, dan menyelesaikan hasil karya dengan tepat. Pengumpulkan data melalui observasi dan dokumentasi untuk memperkuat data tentang pengaruh kolase terhadap kemampuan motorik halus anak. Dari analisis data diketahui adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak yang dapat dilihat dari observasi pretest yang memperoleh angka rata-rata 17,94% masuk kategori Kurang Mampu (KM) dan posttest yang memperoleh angka rata-rata 38,23% masuk kategori Mampu (M). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh kolase terhadap kemampuan motorik halus anak.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: M.Pd. Ulwan Syafrudin
Date Deposited: 28 May 2021 03:41
Last Modified: 28 May 2021 03:41
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31109

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item