sari, novita and Rusman, Tedi and rizal, yon and Suroto, Suroto HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN CRH DAN MAKE A MATCH DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis.

[img]
Preview
Text
9479-20832-1-SM.pdf

Download (334kB) | Preview
Official URL: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Pekobis/a...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar dan interaksi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dan Make A Match. Adapun penggunaan kedua model tersebut juga diteliti dengan memperhatikan motivasi belajar siswa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperiment dengan desain treatment by level. Data dikumpulkan dengan cara observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan t-test Independen Dua Sampel dan Analisis Varian Dua Jalan (ANOVA). Penelitian ini dilakukaan di SMPN 2 Tulang Bawang Tengah yang memiliki populasi 6 (enam) kelas dengan sejumlah 188 siswa dan diambil sampel 2 (dua) kelas sebanyak 63 siswa yang di tentukkan melalui teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH dan Make A Match dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 33,687 > 3,14, model pembelajaran CRH lebih efektif daripada Make A Match pada siswa baik yang memiliki motivasi belajar tinggi (thitung > ttabel atau 2,943 > 2,109), sedang (Thitung > Ttabel atau 2,389 > 2,063) dan rendah (Thiting > Ttabel atau 4,525 > 2,119), serta terdapat interaksi antara model pembelajaran yang diterapkan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu yang ditunjukkan oleh Fhiting > Ftabel atau 4,316 > 3,16.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: Spd.,M.Pd Suroto Suroto
Date Deposited: 28 May 2021 01:00
Last Modified: 28 May 2021 01:00
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31070

Actions (login required)

View Item View Item